Menelisik Penyebab Kutu Rambut

Menelisik Penyebab Kutu Rambut – Kutu kepala adalah serangga kecil yang memakan darah dari kulit kepala manusia. Penyebab kutu rambut adalah adanya transfer langsung kutu dari rambut satu orang ke rambut orang lain.

Invasi kutu kepala, yang disebut pediculosis capitis, paling sering menyerang anak-anak, walaupun tidak menutup kemungkinan jika orang dewasa pun dapat terkena penyakit ini.

Apa Saja Penyebab Kutu Rambut?

  • Siklus Hidup Kutu

Telur kutu menetas setelah delapan atau sembilan hari. Namun yang muncul adalah nimfa, yaitu bentuk kutu yang belum matang.

Nimfa menjadi kutu dewasa dewasa setelah sembilan hingga dua belas hari, dan seekor kutu dewasa hidup selama tiga hingga empat minggu.

  • Penularan

Kutu tidak bisa melompat atau terbang, jadi mereka berpindah tempat dengan merangkak. Karena pergerakan yang lambat ini, maka bisa dipastikan bahwa perpindahan terjadi karena dua area berdekatan.

Hal yang paling sering terjadi adalah penularan kutu dari satu kepala ke kepala orang lain melalui kontak langsung. Oleh karena itu, penularan paling sering terjadi dalam keluarga atau di antara anak-anak yang memiliki kontak dekat di sekolah atau saat bermain.

Walaupun kemungkinan penularan secara tidak langsung cukup kecil, namun tetap ada risiko penularan. Terlebih lagi jika benda perantara tersebut baru saja dihinggapi kutu kemudian digunakan oleh orang lain.

Media yang bisa digunakan sebagai perantara kutu antara lain topi dan syal, sisir, aksesoris rambut, headphone, bantal, sprei dan juga handuk.

Hewan peliharaan rumah tangga, seperti anjing dan kucing, tidak berperan dalam menyebarkan kutu.

  • Faktor Risiko

Karena kutu menyebar terutama melalui kontak head-to-head, risiko penularan paling besar di antara anak-anak adalah saat merek bermain atau pergi ke sekolah bersama.

Anak-anak juga adalah pribadi yang masih suka berbagi sehingga risiko penularan lebih besar dibandingkan orang dewasa yang cenderung lebih egois.

Kebanyakan orang mengalami infeksi kutu paling tidak sekali di dalam hidupnya, hal ini membuktikan bahwa kemungkinan untuk tertular sangat besar.

Namun Anda tidak perlu kuatir karena sudah ada banyak cara membasmi kutu rambut, mulai dari yang alami sampai modern dengan melakukan perawatan rambut di bawah pengawasan dokter.

obat kutu rambut 99

Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.